World History

Mengupas Tuntas Sejarah Kapitalisme

Share the knowledge!
Share on Facebook29Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest1Email this to someoneShare on Tumblr0Share on Reddit0

Prolog Sejarah Kapitalisme

Revolusi yang terjadi di dunia, menandakan kemajuan-kemajuan yang berhasil dicapai oleh suatu negara. Seperti revolusi industri di Inggris yang menandakan keberhasilan Inggris di bidang industri dengan ditemukannya alat-alat canggih. Keadaan demikian ternyata berdampak dengan munculnya ideologi-ideologi, termasuk adalah Kapitalisme.

Kapitalisme merupakan suatu ideologi yang sangat berkaitan erat dengan keadaan ekonomi dan politik . Kapitalisme klasik muncul dengan dipelopori oleh seorang tokoh bernama Adam Smith. Dalam teori dan praktiknya, ideologi kapitalisme menerapkan sistem keindividuan. Sektor ekonomi dikuasai oleh  pihak-pihak swasta. Pada perkembangannya ideologi ini kemudian mampu untuk menyebar luaskan pengaruhnya ke belahan dunia, termasuk Indonesia.

Selain itu, Ideologi kapitalisme juga akan mempelopori lahirnya pasar bebas. Dalam pembahasan ini, akan coba dipaparkan mengenai hal-hal yang terkait dengan ideologi produk Barat yang satu ini, yaitu Kapitalisme.

sejarah kapitalisme
Ilustrasi sistem Kapitalisme

1.Pengertian Kapitalisme

 Kapitalisme berasal dari kata capital yang bermakna modal dan isme yang berarti faham. Dengan demikian, kapitalisme adalah suatu faham ekonomi yang mengedepankan modal individu atau pihak swasta yang memiliki modal besar.

Kapitalisme juga diartikan sebagai suatu sistem perekonomian dimana alat-alat produksi seperti pabrik, ladang, tambang dan sebagainya dimiliki oleh perorangan atau perusahaan dan dimana cara utama dalam pembagian pendapatan ditentukan oleh persaingan pasar.

Adapun tujuan dari Kapitalisme adalah mencapai keuntungan sebesar-besarnya dengan modal yang minim. Hal yang tidak kalah penting adalah bahwa kaum kapitalisme tidak terikat akan nilai agama sebagai katup pengamanan moralitas.

2. Pelopor Kapitalisme

sejarah kapitalisme
Adam Smith

   Adam Smith  (1729-1790 M)

Adam Smith merupakan seorang tokoh Klasik. Nama lengkapnya adalah Prof. Doktor John Adam Smith . Ia dilahirkan di Kirkaldy, Skotlandia pada 5 Juni 1723 M.

  • Hasil Karyanya

1.An Inquiry Into The Nature And Causes Of The Welth Of Nations .
2. The Theory Of  Moral Sentiments.

  • Pemikiran

Invisible Hand (tangan-tangan tersembunyi) dan Pasar Bebas. Merupakan produk dari pemikirannya yang berkaitan dengan kebebasan alamiah bagi setiap individu untuk berproduksi, berusaha dan bersaing. Hal ini berkaitan dengan konsep Smith mengenai keegoisan manusia. Smith berpendapat bahwa sikap egoistik manusia tidak akan mendatangkan kerugian dan merusak masyarakat sepanjang adanya persaingan bebas. Dalam praktek pasar bebas, campur tangan pemerintah tidak begitu berpengaruh. Hal tersebutlah yang kemudian akan menjadikan pihak-pihak swasta sebagai aktor utama dalam menjalankan ekonomi.

3. Sejarah Munculnya Kapitalisme

Pada abad ke-18, daratan Eropa dikuasai oleh tiga golongan besar, yaitu raja, kaum Feodal, dan pihak gereja. Pihak gereja sangat berperan besar dalam segala aspek kehidupan. Pihak geraja tidak hanya mempunyai hak untuk menentukan berjalannya kegiatan ekonomi maupun politik, bahkan lebih dari semua itu. Pihak gereja berhak untuk membatasi kebebasan setiap individu dalam segala aspek kehidupan, seperti mengemukakan pendapat. Secara garis besar pihak gereja sangat berkuasa dalam kehidupan di abad 18 tersebut.

Keadaan demikian, membuat rakyat merasa tersiksa. Hingga akhirnya menimbulkan reaksi perlawanan dari raja-raja dan kaum feodal yang tirani. Mereka menuntut Liberty, Fraternity, and Egality. Keadaan demikian, melahirkan beberapa ideologi besar, yaitu Liberalisme di bidang politik, Kapitalisme di bidang ekonomi, dan Hedonisme di bidang sosial-kebudayaan, dan free value di bidang sains. Sedangkan gereja semakin dibatasi peranannya. Pihak gereja hanya berhak mengurusi urusan yang berkaitan dengan keagamaan.

Revolusi industri yang terjadi di Inggris, juga membawa semangat baru berkaitan dengan semangat Kapitalisme. Sebagaimana yang  telah disinggung di atas, bahwa ideologi Kapitalisme muncul dalam ranah ekonomi. Ketika terjadinya revolusi industri di Inggris, terjadi perubahan kegiatan ekonomi yang semulanya berpola masyarakat pertanian, kini berubah menuju masyarakat industri. hal tersebut juga menjadikan adanya perubahan dari alat-alat produksi yang digunakan.
Pada masa feodalisme, pola yang terjalin adalah interaksi antara pemilik tanah (kaum feodal) dengan para petani. Namun ketika masa industri, pola tersebut bergeser menjadi para pemilik modal (hubungan kapital) dengan buruh pekerja di pabrik-pabrik. Hal inilah yang kemudian memicu timbulnya pihak-pihak swasta yang ingin mencari keuntungan sebesar-besarnya melalui kegiatan pasar bebas.
Ideologi yang muncul pada abad ini menyebabkan bangsa Barat bergairah untuk melakukan “penjelajahan” kepada bangsa lainnya. Inilah yang menjadi tolak ukur terjadinya imperialisme bangsa Barta terhadap bangsa-bangsa lain.

4. Prinsip-prinsip Kapitalisme.

sejarah kapitalisme

  • Mementingkan Individu .
  • Memperlakukan pemikiran orang lain secara sama.
  • Percaya terhadap persamaan dasar semua manusia.
  • Percaya pada Tuhan sebagai pencipta.
  • Negara adalah suatu alat yang menjamin kesejahteraan masyarakatnya.

5.Perkembangan Kapitalisme

  • Kapitalisme yang masih muda (Klasik). Konsep kapitalisme pada masa ini awalnya adalah Laissez-Faire . Konsep tersebut mengakibatkan pembatasan terhadap campur tangan pemerintah atas perjalanan ekonomi. Namun konsep ini tidak dapat berkembang dengan lama. Pada akhir abad ke-19, di Inggris konsep ini telah tergeser, dikarenakan banyak campur tangan dari pemerintah.
  • Kapitalisme Lanjut, yang ditandai dengan PD I. fase ini ditandai dengan tiga momentum besar, yaitu pergeseran modal dari Eropa ke Amerika, adanya perlawanan dari bangsa-bangsa Asia dan Afrika, dan Revolusi Bolshevik.
  • Kapitalisme masa kini, pemerintah telah berperan lebih aktif dalam laju ekonomi.

Kesimpulan

  Dari uraian diatas, yang mencoba memuat unsur 5W+1H, maka dapat disimpulkan bahwa Kapitalisme merupakan suatu ideologi ekonomi yang menekankan pada kepemilikan individu. Kapitalisme muncul dikarenakan kekangan dari gereja terhadap segala spek kehidupan yang terjadi pada abad ke-8. Selain itu, revolusi industri yang terjadi di Inggris juga memicu semangat yang besar untuk kemajuan dari ideologi ini. Adam Smith merupakan tokoh klasik pelopor ideologi Kapitalisme. Prinsip dari Kapitalisme juga menjauhkan manusia dari doktrin agama. Selain itu, pada perkembangannya, kapitalisme akhirnya memberi peluang terhadap campur tangan dari pemerintah.

BIBLIOGRAFI

Apridar. 2010. Teori Ekonomi: Sejarah dan Perkembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Deliarnov. 2007. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Grossman, Gregory. 1995. Sistem-Ssistem Ekonomi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Heilbroner, Robert. 1984. Runtuhnya Peradaban Kapitalisme. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Syam, Firdaus. 2007. Pemikiran Politik Barat: Sejarah, Filsafat, Ideologi, dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Ke-3. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Penulis : Rani Lestari, mahasiswa SKI UIN Sunan Kalijaga

Share the knowledge!
Share on Facebook29Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest1Email this to someoneShare on Tumblr0Share on Reddit0

No Comments Found

Leave a Reply