Program Pendirian Perpustakaan untuk Dukuh Cemoroharjo

Share the knowledge!
Share on Facebook4Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Email this to someoneShare on Tumblr0Share on Reddit0

Ilmu pengetahuan menjadi salah satu bagian penting bagi perkembangan peradaban umat manusia. Jika melihat perjalanan sejarah umat manusia, perkembangan ilmu pengetahuan selalu berjalan searah dengan perkembangan peradaban, semakin maju ilmu pengetahuan maka semakin maju peradaban tersebut. Berbagai metode dapat ditempuh untuk memperoleh pengetahuan, salah satu metode tersebut adalah dengan membaca dan memahami buku.

Sejak zaman dahulu buku menjadi salah satu metode untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Jika tidak ada buku, kecil kemungkinan bermunculan ilmuwan-ilmuwan hebat seperti Ibnu Khaldun, al-Khawarizm, dan Ibnu Sina. Banyak ilmuwan-ilmuwan yang menghabiskan hidupnya untuk menuliskan pengetahuan mereka di buku, tujuan utama mereka hanya satu, yaitu mewariskan ilmu pengetahuan untuk generasi penerus. Meskipun demikian, masih sedikit masyarakat Indonesia yang dapat memperoleh kemudahan akses membaca buku, salah satunya adalah masyarakat pedukuhan Cemoroharjo, Candibinangun, Pakem, Yogyakarta.

Terletak di dekat lereng Merapi, masyarakat Cemoroharjo merupakan masyarakat tradisional yang haus akan ilmu pengetahuan, dan mempunyai keinginan kuat untuk berkembang. Namun, letak geografis yang cukup jauh dari pusat kota dan harga buku yang relatif mahal untuk saat ini, membuat masyarakat di sana kesulitan untuk memperoleh akses ilmu pengetahuan.

program pendirian perpustakaan
Rencana Lokasi Perpustakaan untuk Desa

Beranjak dari permasalahan tersebut, tim wawasansejarah mencoba untuk membantu masyarakat Cemoroharjo, dengan menggalakan program “Perpustakaan untuk Dukuh Cemoroharjo dan Sosialisasi Gerakan Cinta Membaca.” Kepala dukuh Cemoroharjo sangat antusias dengan program yang kami rencanakan, dan setelah melakukan beberapa kali survei kami beranggapan daerah tersebut memang layak mendapat dukungan untuk mendirikan perpustakaan untuk pedukuhan. Program tersebut diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk semakin mencintai salah satu sumber ilmu pengetahuan, yaitu buku dan memanfaatkannya untuk menggali ilmu pengetahuan.

Agar program ini dapat terwujud, kami membuka kesempatan bagi anda untuk berpartisipasi mulai tanggal 25 Juli 2016 – 7 Agustus 2016, untuk anda yang berdomisili di wilayah jogja dapat mendonasikan buku-buku pelajaran/umum yang sudah tidak terpakai atau bagi anda yang berada di luar wilayah jogja dapat juga mendonasikan uang untuk pengadaan buku di Perpustakaan dukuh Cemoroharjo. Jika anda berminat untuk mendonasikan buku atau sebagian kecil rezeki anda, dapat menghubungi nomor 085647585525 atau langsung mentransfer donasi uang anda ke nomor rekening (BNI) 0431028164 atas nama: Rifai Shodiq Fathoni. Semoga program pendirian perpustakaan untuk desa dapat membawa manfaat dan kedepannya bisa lebih banyak menjangkau desa-desa yang belum mempunyai perpustakaan atau rumah baca.

P.S: Mohon maaf selama satu bulan kedepan website akan jarang update, lantaran penulis fokus melaksanakan program di atas.

 

Share the knowledge!
Share on Facebook4Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Email this to someoneShare on Tumblr0Share on Reddit0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *